Interaksi Manusia dengan Komputer
APA itu IMK?
IMK
atau Interaksi Manusia Komputer atau HCI (Human Computer Interaction) adalah
disiplin ilmu pengetahuan yang mengulas tentang perancangan, evaluasi dan
implementasi dari sistem komputer interaktif terkait dengan penggunaannya oleh manusia
beserta hal-hal yang terkait dengan itu.
Tujuan
utama dari IMK adalah menghasilkan sistem komputer yang mampu digunakan dengan
baik oleh pengguna (good usability) melalui desain antarmuka dengan
memperhatikan beberapa hal penting seperti memahami faktor-faktor yang membuat
manusia menggunakan teknologi, mengembangkan teknik-teknik yang yang
memungkinkan untuk membangun sistem yang sesuai dengan tujuan serta mencapi
interaksi yang aman, efektif dan efisien. Selain desain antarmuka,
karakteristik manusia tentu saja sangat mempengaruhi IMK.
Kenapa IMK dibutuhkan?
Dari wikipedia ,
interaksi adalah suatu jenis tindakan atau aksi yang terjadi sewaktu dua atau
lebih objek mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain. Melalui definisi
tersebut dapat dilihat bahwa pengaruh interaksi sangat kuat bagi pelaku
interaksi tersebut. Apabila dikaitkan dengan IMK, dapat dibayangkan seharusnya
banyak sekali pengaruh desain antarmuka bagi para pengguna sistem
Desain
antarmuka adalah media yang menjembatani kemampuan-kemampuan fungsionalitas
sistem kepada pengguna. Selain itu, desain antar muka merupakan kendaraan yang
akan membawa pengguna pada fungsi sistem yang ingin dilakukan olehnya. Hal-hal
tersebut yang akan memberikan dampak langsung pada pengembang sistem, apalagi
jika terkait dengan kustomer dan keutungan organisasi.
Layout,
tampilan dan navigasi layar sistem akan memberikan efek bagi pengguna melalui
banyak cara. Jika hal-hal tersebut memusingkan dan tidak efisien, maka pengguna
akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan pekerjan mereka dan relatif
melakukan lebih banyak kesalahan. Desain yang buruk akan membuat pengguna takut
sehingga tidak akan kembali menggunakan sistem tersebut. Hal-hal tersebut
apabila tidak dikelola dengan baik juga akan menyebabkan frustasi dan
peningkatan stres pada pengguna serta lebih jauh lagi akan meperburuk kondisi
keuangan pengguna dan organisasi. Pada beberapa sistem yang sangat riskan
seperti traffic control, nuclear power plant, hal-hal tersebut akan
berpengaruh bagi keselamatan pengguna dan masyarakat luas.
Manfaat
dari IMK adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman
(safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut
bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas
(utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya
(eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras
dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik
itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan
Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sistem yang dibuat tersebut
mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok.
•
Useful (berguna)
dapat menyelesaikan apa yang dibutuhkan.
•
Usable (dapat digunakan)
dapat dikerjakan dengan mudah & alamiah, tanpa ada bahaya kesalahan.
•
Used ( digunakan)
dapat membuat orang yang menggunakan menarik, menyenangkan.
•
“Usability” artinya membuat kriteria kualitas suatu perangkat lunak seperti:
– fungsionalitas,
– kehandalan,
– efisiensi,
– kemudahan pemeliharaan,
– dan portabilitas.
A. Contoh IMK Dalam Kehidupan
Sehari-hari
> Handphone yang semakin canggih
> Internet
> Komputer dan Laptop
> Mesin ATM
> Internet Bangking
> Rontgen
B. IMK Dalam Dunia Teknologi
Komputer
Keterkaitan IMK dengan ilmu teknologi komputer saat ini kita
dapat berbicara baik dari sisi perangkat keras maupun perangkat lunak.Untuk
sisi perangkat keras, pastilah tidak dapat lepas dari dari pembicaraan tentang
teknik elektronika,karena dalam bidang inilah kita dapat mempelajari banyak
sekali aspek yang berhubungan dengan perangkat keras komputer.Selain perangkat
keras juga perlu adanya dibekali keahlian dari sisi perangkat lunak sehingga
kita mampu mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam program aplikasi.Dengan
kata lain,bidang ini memberikan kita semacam kerangka kerja yang memungkinkan
kita untuk merancang sistem interaksi Manusia-Komputer.
C. Siapa Saja yang Teribat
Dalam IMK
IMK adalah perihal, tata bentuk, penilaian dan implementasi
sistem komputer interaktif untuk kegunaan manuasia dengan kajian fenomena yang
didalamnya / interaksi antara pengguna dengan sistem. komponen yang melibatkan
model interaksi diantara pengguna :
a. Pengguna (manusia)
b. Sistem (mesin)
c. Interaksi
D. Aspek-aspek Penting Dalam
Proses IMK
§ Aspek Manusia: Panca Indera, Mata,
telinga, hidung, lidah, dan kulit, komponen panda indera dapat membuat model
manusia sebagai pengolah informasi, meskipun banyak keterbatasan dan hanya
bekerja pada kondisi yang sangat terbatas.
§ Aspek Komputer: Komputer terdiri
atas beberapa perangkat yang saling berinteraksi untuk berbagai keperluan.
§ Faktor Lingkungan Kerja (Ergonomik):
Berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman.
E. Ruang Lingkup Dalam IMK
Ruang Lingkup IMK meliputi 3 komponen :
§ Manusia
§ Komputer
§ Interaksi
1.
Manusia
merupakan pengguna (user) yang memakai komputer. User ini berbeda-beda
dan memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan
kebutuhan dan kemampuannya dalam menggunakan komputer.
2. Komputer merupakan peralatan elektronik yang
meliputi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).
3. Manusia dan komputer berinteraksi lewat
masukan & keluaran melalui antarmuka
4. Fokus: perancangan dan evaluasi antarmuka
pemakai (user interface).
5. Antarmuka pemakai adalah bagian sistem
komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer.
F. Contoh Dari Interaksi
Manusia dan Komputer
Sekarang, hampir semua pekerjaan manusia ada interaksi
manusia dengan komputer. Mulai dari pekerjaan yang sederhana, seperti
menghitung, menulis, membaca sampai pekerjaan yang membutuhkan skill lebih
seperti, men-desain, membuat program aplikasi, membuat robot dan sebagainya.
Contoh dari interaksi manusia dengan komputer dalam bidang keuangan yaitu
diantaranya:
§ Kasir yang menghitung pembelanjaan
pembeli menggunakan mesin kasir modern yang sekarang sudah menggunakan “touch
screen” sebagai alat input-nya.
§ Teller Bank yang menggunakan
komputer untuk meng-update data nasabah seperti menabung, menarik tunai,
transfer, dan sebagainya.
§ Akuntan yang mengurusi keuangan
perkantoran dengan menggunakan aplikasi komputer seperti “Microsoft Excel”.
Contoh-contoh yang disebutkan diatas hanyalah sebagian kecil
dari IMK dalam bidang keuangan. Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa
disebutkan, tapi itu adalah tugas anda untuk menyebutkan sisanya dan juga dalam
bidang yang lainnya seperti dalam bidang kebudayaan, pendidikan, desain grafis,
arsitektural dan lain-lain.
Tentang Bidang atau Ilmu Grafik, Animasi, dan Network(NIC)
Ilmu grafik komputer adalah
salah satu cabang disiplin ilmu informatika atau ilmu komputer yang membuat
data ataupun informasi dalam bidang pembuatan gambar, grafik, diagram,fisik,
matematik, artistik bahkan struktur abstrak dan hal-hal sejenis lainnya
dengan menggunakan komputer.
Grafik komputer
menciptakan gambar dari proses awal yaitu dengan menghubungkan berbagai
garis,titik,memberi warna dan teknik menggambar lainnya sehingga terbentuklah
hasil gambar yang diinginkan.
Istilah animasi berasal
dari bahasa Yunani anima, yang artinya jiwa, hidup. Kata animasi dapat juga
berarti memberikan hidup terhadap objek dengan cara menggerakkan objek gambar.
Animasi yang
ada saat ini merupakan pengembangan dari teknik-teknik yang sebelumnya sudah
pernah dilakukan. Peter Roget pertama kali memperkenalkan tentang perpindahan
objek pada tahun 1824. Thomas Edison juga membuat beberapa literatur tentang
gambar yang bergerak. Dua tahun kemudian dia membuat animasi dalam format film
untuk pertama kalinya dengan durasi 13 detik. Kemudian pada tahun 1928 Walt
Disney memulai film animasi pertamanya dengan karakter yang cukup popular
hingga saat ini, yakni Mickey Mouse. Animasi bekerja dengan cara memindahkan
frame ke frame berikutnya di mana dalam 1 detik animasi terdapat 24 fps. Hingga
saat ini banyak bermunculan studio animasi baik di Amerika maupun di Indonesia.
Film
animasi yang dulunya mempunyai prinsip yang sederhana, sekarang telah
berkembang menjadi beberapa jenis. Adapun jenis-jenis dari film animasi yang
telah mengalami perkembangan adalah sebagai berikut:
- Animasi 2D (2 Dimensi/flat)
Animasi
ini yang paling akrab dengan keseharian kita dan meramaikan acara tontonan
anak-anak. Biasa juga disebut dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari
kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Memang, film kartun itu kebanyakan
film yang lucu. Contohnya banyak sekali, baik yang di TV maupun di Bioskop.
Misalnya: Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby Doo, Doraemon,
Mulan, Lion King, Brother Bear, Spirit, dan banyak lagi. Meski yang populer
kebanyakan film Disney, namun bukan Walt Disney sebagai bapak animasi
kartun.
Gambar: Mickey Mouse adalah salah satu cotoh film animasi 2D
- Animasi 3D (3 Dimensi)
Perkembangan
teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang
dan maju pesat. Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D.
Gambar:
Despicable Me adalah film animasi 3D
Dengan
animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati
wujud manusia aslinya. Semenjak Toy Story buatan Disney (Pixar Studio), maka
berlomba-lombalah studio film dunia memproduksi film sejenis. Bermunculanlah,
Bugs Life, AntZ, Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc., hingga
Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale. Cars, Valian. Kesemuanya itu biasa
juga disebut dengan animasi 3D atau CGI (Computer Generated Imagery).
- Animasi Tanah Liat (Clay Animation)
Jenis
ini yang paling jarang kita dengar dan temukan diantara jenis lainnya. Padahal
teknik animasi ini bukan termasuk teknik baru seperti pada saat Toy Story
membuka era baru animasi 3D. Bahkan, boleh dibilang nenek moyangnya animasi.
Karena animasi pertama dalam bentuk CIay Animation.
Gambar:
Film animasi Shaun the Sheep merupakan implementasi Clay Animation
Meski
namanya clay (tanah liat), yang dipakai bukanlah tanah liat biasa. Animasi ini
memakai plasticin, bahan lentur seperti permen karet yang ditemukan pada tahun
1897. Tokoh-tokoh dalam animasi Clay dibuat dengan memakai rangka khusus untuk
kerangka tubuhnya, lalu kerangka tersebut ditutup dengan plasficine sesuai
bentuk tokoh yang ingin dibuat. Bagian-bagian tubuh kerangka ini, seperti
kepala, tangan, kaki, disa dilepas dan dipasang lagi. Setelah tokoh-tokohnya
siap, lalu difoto gerakan per gerakan. Foto-foto tersebut lalu digabung menjadi
gambar yang bisa bergerak seperti yang kita tonton di film. Animasi Clay
termasuk salah satu jenis dari Stop-motion picture. Film Animasi Clay Pertama
dirilis bulan Februari 1908 berjudul, A Sculptors Welsh Rarebit Nightmare.
Untuk beberapa waktu yang lalu juga, beredar film clay yang berjudul Chicken
Run.
- Animasi Jepang (Anime)
Kebanyakan
film animasi yang marak pada mulanya adalah besutan Animator asal Amerika dan
Eropa. Namun, Jepang pun tak kalah soal animasi. Jepang sudah banyak
memproduksi anime (sebutan untuk animasi Jepang). Berbeda dengan animasi
Amerika, anime Jepang tidak semua diperuntukkan untuk anak-anak, bahkan ada
yang khusus dewasa.
Gambar:
Contoh Film animasi Jepang yang populer disebut Anime
Bicara
tentang anime, ada tokoh legendaris, yaitu Dr. Osamu Tezuka. Beliau menciptakan
Tetsuwan Atom atau lebih dikenal dengan Astro Boy. Seperti film animasi Amerika
atau Eropa, Anime juga terdiri dari beberapa jenis, tapi yang membedakan bukan
cara pembuatannya, melainkan formatnya, yaitu serial televisi, OVA, dan film
bioskop.
NIC (Network Interface Card)
Kartu Jaringan atau
disebut dengan istilah NIC (Network Interface Card) atau LAN CARD atau Etherned
Card. merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar
komputer. Kebanyakan Kartu Jaringan berjenis kartu internal, yaitu kartu
jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer.
Kartu jaringan ada di dalam komputer client dan komputer
server agar dapat di jalankan dalam jaringan. Kartu Jaringan memiliki dua
fungsi utama , yaitu:
1. Peranti yang
menyambungkan kabel jaringan dengan komputer.
2. Peranti yang
menyediakan pengalamatan secara fisik. Artinya kartu jaringan memiliki kode
tertentu yang unik .
Pengertian NIC
NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan.
Fungsi NIC
NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan.
Fungsi NIC
- Media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan
- Mengontrol data flow antara komputer dan sistem kabel
- Menerima data yang dikirim dari komputer lain lewat kabel dan menerjemahkannya ke dalam bit yang dimengerti oleh komputer
Pengertian Network Interface Card
(NIC), Network interface card adalah kartu — maksudnya papan elektronik — yang
ditanam pada setiap komputer yang terhubung ke jaringan. Beberapa komputer
desktop yang dijual di pasaran saat ini sudah dilengkapi dengan kartu ini. Saat
Anda membeli komputer, Anda bisa menanyakan penjualnya apakah pada komputer
sudah dipasangkan NIC. Jika belum Anda bisa meminta penjualnya untuk
memasangkan, atau Anda bisa membelinya dan memasangnya sendiri.
Ada banyak macam kartu jaringan. Ada tiga hal yang harus
Anda perhatikan dari suatu NIC:
- tipe kartu;
- jenis protokol;
- tipe kabel yang didukung.
Ada dua macam tipe kartu, yaitu PCI (Peripheral Component
Interconnect) dan ISA (Industry Standard Architecture). Sebagai sedikit
penjelasan, pada komputer ada beberapa slot (tempat menancapkan kartu) yang
disebut expansion slot. Slot-slot ini saat Anda membeli komputer sengaja
dibiarkan kosong oleh pembuat komputer agar Anda bisa meningkatkan kemampuan
komputer Anda dengan menambahkan beberapa kartu — misalnya, kartu suara (untuk
membuat komputer “bersuara bagus”), kartu video (untuk membuat tampilan layar
komputer lebih bagus), kartu SCSI (Small Computer System Interface) – untuk
membuat komputer bisa berkomunikasi dengan perangkat berbasis SCSI -,
atau network interface card (untuk membuat komputer bisa berkomunikasi
dengan komputer lain dalam jaringan). Ada dua tipe slot yang banyak dijumpai
pada komputer-komputer yang beredar di pasaran, yaitu slot PCI dan slot ISA.
Jika Anda membuka kotak (casing) komputer Anda, di bagian belakang Anda bisa
melihat ada dua deret slot. Slot PCI biasanya adalah yang berwarna putih, slot
ini lebih pendek dibandingkan slot ISA yang berwarna hitam. Slot PCI mendukung
kecepatan I/O (input/output) yang lebih tinggi. Di pasaran, biasanya harga
kartu berbasis PCI lebih mahal.
Dari sisi protokol, jenis protokol yang saat ini paling
banyak digunakan adalah Ethernet dan Fast Ethernet. Ada beberapa protokol lain,
tetapi kurang populer, yaitu Token Ring, FDDI, dan ATM. Dua protokol terakhir
cenderung digunakan pada jaringan besar sebagai backbone (jaringan tulang
punggung yang menghubungkan banyak segmen jaringan yang lebih kecil). Ethernet
mendukung kecepatan transfer data sampai 10Mbps, sedangkan Fast Ethernet
mendukung kecepatan transfer data sampai 100Mbps. Jika memilih untuk
menggunakan protokol Ethernet, Anda harus membeli kartu Ethernet. Demikian juga
jika Anda telah memilih Fast Ethernet. Namun saat ini juga ada kartu combo yang
mendukung Ethernet maupun Fast Ethernet. Kartu combo bisa mendeteksi sendiri
berapa kecepatan yang sedang digunakan pada jaringan. Jika saat ini Anda
memilih menggunakan Ethernet, tetapi Anda telah merencanakan untuk suatu saat
nanti memerlukan kecepatan transfer yang lebih tinggi — sehingga memerlukan
Fast Ethernet tak salah jika Anda memilih kartu combo. Dari sisi harga, kartu
Ethernet saat ini boleh dibilang sudah sangat murah.
NETWORK INTERFACE CARD ( NIC )
Network Interface Card (NIC), juga disebut sebagai Network Adapter,digunakan untuk menghubungkan computer ke kabel yang digunakan pada local area network (LAN). Umumnya, NIC ditempatkan pada komputerexpansion bus melalui slot ISA (8 bit atau 16 bit) atau PCI (32 bitatau 64 bit). NIC mempunyai satu atau lebih port eksternal yangdigunakan untuk menempatkan kabel networknya.
Fungsi utama dari NIC adalah mengijinkan komputer untuk berkomunikasidalam network. Ia melakukan hal ini dengan mengirim/menerima danmengontrol traffic dengan komputer atau peralatan lain yang ada padanetwork. Saat mengirim, NIC mengkonvert data dari pararel ke serial,mengencode dan mengompresinya, dan kemudian menempatkannya pada kawatdalam bentuk sinyal listrik atau optik. Proses ini terjadi sebaliknyapada saat menerima. NIC mentranslate sinyal listrik yang diterimanyamenjadi bit-bit yang bisa dibaca oleh komputer.
Setiap NIC mempunyai identifikasi unik yang disebut MAC Address yangtelah dihard-coded pada cardnya. Sebagai tambahan, setiap NIC harusmempunyai network adapter driver yang mengijinkan ia untukberkomunikasi dengan network protokolnya. Sebuah NIC spesifik untukarsitektur LAN tertentu (misalnya, Ethernet, Token Ring, atauFiber-Optic). Ada kemungkinginan untuk menginstall lebih dari satu NICpada komputer yang sama.
Kebanyakan NIC berhubungan langsung ke bus sistem komputer melalui32-bit PCI slot atau 8-bit atau 16-bit ISA slot untuk komputer lama.
NIC beroperasi pada Physical layer, layer yang paling bawah dari modelOSI.
Network Interface Card (NIC)
Network Interface Card adalah: Card penghubung PC dengan
jaringan, sehingga memungkinkan komputer anda untuk terkoneksi ke sebuah
jaringan komputer. Bentuk yang paling umum dari NIC adalah ethernet – metode
yang sangat cepat dalam mentranfer data antara komputer. NIC memungkinkan
sebuah komputer untuk memberi dan mengambil informasi dari komputer lain yang
ada di jaringan yang sama – dapat berupa Internet atau pun Local Area
Network (LAN).
network interface card
Network Interface Card (LAN Card)
Sebuah LAN merupakan jaringan tertutup yang terhubung
melalui beberapa NIC dan hub, yang biasanya tidak terhubung ke dunia luar atau
Internet. Pada NIC ini, juga dilengkapi dengan memori, serta prosesor khusus
untuk pengolahan data dalam proses tranfer data, sehingga tidak membebani CPU
dala proses tersebut. Adapter ini menggunakan slot 16 bit (slot ISA) serta
32bit (slot PCI)untuk tranfer data.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar