SEJARAH JOYSTICK
Joystick mulai dikenal pada abad 20-an pada waktu itu nama joystick diartikan tongkat pengendali pesawat terbang.
Joystick atau dalam bahasa indonesia disebut tuas kontrol adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
Joystick atau dalam bahasa indonesia disebut tuas kontrol adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
Kemudian joystick berkembang menjadi alat elektrik. 2-axis joystick
ditemukan di sekitar tahun 1944 di Negara Jerman. Alat dikembangkan
untuk mengarahkan terbang layang pengeboman Henschel H 293 terhadap
target kapal. Di sini, joystick digunakan oleh suatu operator untuk
mengemudi proyektil ke arah target nya. Joystick ini mempunyai tombol
on-off dan sensor digital. Cara kerjanya yaitu dengan isyarat yang
dipancarkan dari joystick kepada proyektil via radio.
Pada tahun 1960 penggunaan joysticks menjadi tersebar luas dan
berkembang ke industri pesawat udara modeling sistem radio-controlled
seperti Kwik Lalat yang diproduksi oleh Phill Kraft ( 1964). Kraft
kemudian menyalurkan ide joysticks kepada industri komputer dan para
pemakai lain.
Pada tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game video televisi dan Magnavox. kemudian menciptakan game video yang pertama dengan menggunakan joystick analog,dan dua potensiometer untuk mengukur position. Dan pada tahun 1985-1986 orang-orang semakin mengenal istilah joystick lewat video game yang pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo dan sega. seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat joystick dikembangkan kedalam perangkat komputer (hardwere).
Pada tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game video televisi dan Magnavox. kemudian menciptakan game video yang pertama dengan menggunakan joystick analog,dan dua potensiometer untuk mengukur position. Dan pada tahun 1985-1986 orang-orang semakin mengenal istilah joystick lewat video game yang pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo dan sega. seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat joystick dikembangkan kedalam perangkat komputer (hardwere).
Beberapa contoh joystick :
Kemudian joystick berkembang menjadi alat elektrik.2-axis joystick
ditemukan di sekitar tahun 1944 di Negara Jerman. Alat ini dikembangkan
untuk mengarahkan terbang layang pengeboman Henschel H 293 terhadap
target kapal. Di sini, joystick digunakan oleh suatu operator untuk
mengemudi proyektil ke arah targetnya. Joystick ini mempunyai tombol
on-off dan sensor digital. Cara kerjanya yaitu dengan isyarat yang
dipancarkan dari joystick kepada proyektil via radio.Pada tahun 1960
penggunaan joystick menjadi tersebar luas dan berkembang ke industri
pesawat udara modeling sistem radio-controlled, seperti Kwik Lalat yang
diproduksi oleh Phill Kraft ( 1964). Kraft kemudian menyalurkan ide
joystick kepada industri komputer dan para pemakai lain.
Pada tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game video televisi dan Magnavox. kemudian menciptakan game video yang pertama dengan menggunakan joystick analog,dan dua potensiometer untuk mengukur position. Dan pada tahun 1985-1986 orang-orang semakin mengenal istilah joystick lewat video game yang pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo dan sega. seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat, joystick dikembangkan kedalam perangkat komputer (hardwere).
PENGERTIAN JOYSTICK
Joystick merupakan salah satu perangkat keras (hardware) computer,dan pengertian dari perangkat keras komputer (hardware) itu sendiri adalah peralatan dari sistem computer yang secara fisik kita dapat lihat dan terjemah.
Joystick atau dalam bahasa indonesia disebut tuas kontrol adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
KEGUNAAN DAN FUNGSI JOYSTICK
Alat ini umumnya digunakan sebagai :
· pelengkap untuk memainkan permainan vidio yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
· untuk mengontrol permainan video.
· tuas control(joystick) juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk.
· Untuk mempermudah gamers dalam bermain games.
MACAM-MACAM JOYSTICK
· Joystick stir mobil :
Jenis joystick diatas berbentuk seperti stir mobil dan berfungsi khusus untuk game balap mobil.
Pada tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game video televisi dan Magnavox. kemudian menciptakan game video yang pertama dengan menggunakan joystick analog,dan dua potensiometer untuk mengukur position. Dan pada tahun 1985-1986 orang-orang semakin mengenal istilah joystick lewat video game yang pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo dan sega. seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat, joystick dikembangkan kedalam perangkat komputer (hardwere).
PENGERTIAN JOYSTICK
Joystick merupakan salah satu perangkat keras (hardware) computer,dan pengertian dari perangkat keras komputer (hardware) itu sendiri adalah peralatan dari sistem computer yang secara fisik kita dapat lihat dan terjemah.
Joystick atau dalam bahasa indonesia disebut tuas kontrol adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
KEGUNAAN DAN FUNGSI JOYSTICK
Alat ini umumnya digunakan sebagai :
· pelengkap untuk memainkan permainan vidio yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
· untuk mengontrol permainan video.
· tuas control(joystick) juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk.
· Untuk mempermudah gamers dalam bermain games.
MACAM-MACAM JOYSTICK
· Joystick stir mobil :
Jenis joystick diatas berbentuk seperti stir mobil dan berfungsi khusus untuk game balap mobil.
· Joystick berupa stick PS :
Jenis joystick diatas digunakan untuk memainkan gama-game berjenis perang,seperti Call Of Dutil atau Modol Of Kondor
· Joystick berupa stir pesawat :
Jenis joystick diatas berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi khusus untuk game pesawat terbang.
· Joystick PC dengan fungsi Turbo
Jenis joystick diatas berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi khusus untuk game pesawat terbang.
· Joystick PC dengan fungsi Turbo
Berbeda dengan joystick yang beredar dipasaran,Metal Strike 3D nama
dari jenis joystick PC Turbo digunakan untuk permainan simulasi
penerbangan dengan desain 4 axiz dan juga memiliki
Ailero,Elavator,Trottle,dan Control Power. Fungsi Turbo untuk
pengulangan otomatis,bisa memainkan permainan pertarungan di udara
dengan kemampuan menembakkan senjata otomatis yang baik. Metal Steike 3D
memiliki 13 tombol.
Sumber: http://sezssetiawan.blogspot.com/2012/09/sejarah-joystick-joystick-dikenal-pada.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar